Google Image
Jika berbicara tentang SEO pastinya kata Konten Berkualitas sudah tidak asing lagi bagi para blogger.
Tentu, karna yang kita tau dari berbagai sumber pun mengatakan bahwa faktor terpenting seo ialah konten berkualitas yang salah satu nya pundi-pundi ngeblog yang harus dikuasai.
Sebagian bertanya, kenapa demikian ?
Ya karna Google sendiri mengutamakan pembaca agar lebih memahami topik dalam sebuah konten yang kita bahas.
Artinya gini setelah kita berupaya mementingkan SEO ternyata dibalik semua itu balik lagi kepada pengunjung.
Namun saya yakin sebagian dari kita belum memahami bagaimana artikel berkualitas itu. Pada umumnya banyak yang mengatakan bahwa konten yang berkualitas itu memiliki lebih dari 1000 kata dan konten yang berkualitas itu lebih kepada manusia bukan robot atau mesin pencari google.
Memang begitu, karna salah satu acuan kita membuat konten berkualitas adalah mesin pencari google agar lebih mudah dikenali dan di prioritaskan.
Tapi kebanyakan yang didapat malah SEO mereka hancur karna tidak bisa mengukur pengoptimalan yang dilakukan,
Dulu saya bertanya ke rekan saya tujuan dia membikin "Konten Berkualitas" itu untuk apa dan siapa ?
Jawabanya. Untuk mesin pencari agar lebih mudah mengenali artikel kita dan alhasil akan mendapatkan rangking pertama.
Namun hasilnya malah nihil alias tidak sama sekali malah yang ada artikel nya tidak dikenali google dan jauh dari halaman pertama.
Bisa disimpulkan bahwa dia telah berlebihan dan tidak mengetahui strategi yang tepat.
Bagaimana caranya yang sebenarnya ?
Coba sedikit lupakan SEO dan mencoba lebih mengutamakan pengunjung.
Artinya gini :
Utamanya memang dengan pengoptimalan SEO dalam membikin konten berkualitas akan lebih mudah dikenali google. Namun lebih baiknya jika kita sedikit melupakan seo untuk artikel yang kita anggap berkualitas dan lebih mementingkan ke pengunjung nantinya secara tidak sadar anda sudah melewati tahap pengoptimalan SEO.
Utamanya memang dengan pengoptimalan SEO dalam membikin konten berkualitas akan lebih mudah dikenali google. Namun lebih baiknya jika kita sedikit melupakan seo untuk artikel yang kita anggap berkualitas dan lebih mementingkan ke pengunjung nantinya secara tidak sadar anda sudah melewati tahap pengoptimalan SEO.
Karena banyak diantara kita yang telah keliru dalam penulisan postingan, karena terlalu mementingkan mesin malah jadi berantakan kualitasnya. Bahkan susah untuk dimengerti.
Untuk lebih memahaminya simak ulasan dibawah ini.
Mengenali Ciri Konten Berkualitas
Saya ulang sekali lagi.
Ini merupakan seperti perputaran dimana kita mengoptimalkan SEO untuk memudahkan google dalam menganali konten kita dan google sendiri bertujuan menyeleksi konten agar lebih memudahkan manusia untuk mengenali arti dari isi artikel tersebut.
Lalu bagimana ciri-ciri konten berkualitas.
Lalu bagimana ciri-ciri konten berkualitas.
1. Bermanfaat Bagi Pembaca
Konten blog yang berkualitas yang dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
Ibaratkan ada dua buku yang akan anda baca, pasti anda memilih buku yang isinya banyak memberikan motivasi dan manfaat yang baik bukan.
Sampai-sampai anda rela menghabiskan waktu untuk membaca buku dengan harapan dapat menemukan solusi permasalahan yang sedang anda hadapai.
Sampai-sampai anda rela menghabiskan waktu untuk membaca buku dengan harapan dapat menemukan solusi permasalahan yang sedang anda hadapai.
Begitupun dengan artikel blog.
Jika anda menyajikan sebuah artikel yang memberikan motivasi dan dapat menyelesaikan masalah pembacanya saya yakin mereka akan betah dan tidak rugi mengunjungi blog anda lagi.
Jika anda menyajikan sebuah artikel yang memberikan motivasi dan dapat menyelesaikan masalah pembacanya saya yakin mereka akan betah dan tidak rugi mengunjungi blog anda lagi.
2. Terstruktur
Ciri konten blog yang berkualitas harus diringkas dengan cara terstruktur agar lebih memudahkan pengunjung untuk memahami dan mempraktekanya.
Contoh :
Anda membuat konten tentang tutorial yang membahas "cara membuat gorengan". Jika konten tersebut disusun secara rinci maka pengunjung yang membacanya pun akan cepat memahami semua yang harus dipraktekan.
Dengan begitu konten yang anda sajikan akan lebih menarik dan memikat perhatian pengunjung untuk membaca lebih isi dari artikel tersebut dari awal sampai akhir. Pentingnya ini akan memberikan Bounce Rate yang baik untuk blog anda.
3. Sumber Terpercaya
Buatlah konten yang berdasarkan sumber referensi yang terpercaya, sehingga informasi jenis apapun yang anda sajikan tidak diragukan lagi oleh pengunjung.
Misalnya anda membuat konten tentang berita terbaru.
Nah untuk memperkuat pernyataan teresbut anda dapat mengambil dari sumber-sumber yang terpercaya dan tentunya dapat memberikan informasi dengan sesuai fakta.
Nah untuk memperkuat pernyataan teresbut anda dapat mengambil dari sumber-sumber yang terpercaya dan tentunya dapat memberikan informasi dengan sesuai fakta.
Namun dengan contoh diatas anda juga harus menyertakan link ke situs terpercaya yang anda ambil untuk lebih meyakinkan pengunjung.
Untuk memberikan internal link/link menuju halaman lain anda harus memperhatikan hal berikut
Untuk memberikan internal link/link menuju halaman lain anda harus memperhatikan hal berikut
4. Konten Yang Menarik Dan Unik
Anda bisa menambahkan gambar atau video didalam artikel yang anda buat agar lebih memikat pengunjung untuk membaca konten anda.
Jadi usahakan anda membuat konten yang berbeda dengan blog lainya dengan cara mengeluarkan insfirasi yang menarik dari diri anda sendiri seperti halnya anda membuat puisi.
5. Tidak Termakan Waktu
Maksud saya gini..
Anda dapat membuat postingan yang dapat menyelesaikan permasalhan pembaca namun buka hanya diwaktu itu saja.
Contohnya saya membuat artikel tentang "bisnis di internet"..
Pertanyaanya apakah jenis pencarian tersebut akan hilang di Google 10 tahun kedepan ?
Tidak kan ..
Karena pasti dengan berjalanya waktu dan perkembangan dunia Internet banyak orang yang mencari topik seperti itu.
Nah itu yang disebut konten yang tidak akan termakan okeh waktu.
Anda dapat membuat postingan yang dapat menyelesaikan permasalhan pembaca namun buka hanya diwaktu itu saja.
Contohnya saya membuat artikel tentang "bisnis di internet"..
Pertanyaanya apakah jenis pencarian tersebut akan hilang di Google 10 tahun kedepan ?
Tidak kan ..
Karena pasti dengan berjalanya waktu dan perkembangan dunia Internet banyak orang yang mencari topik seperti itu.
Nah itu yang disebut konten yang tidak akan termakan okeh waktu.
6. Memuat Banyak Materi Pokok
Membuat konten yang memuat banyak materi pokok maka kualitas blog anda akan semangkin bagus dimata google.
begitu pun bagi pengunjung blog.
Karna dengan begitu pengunjung akan lebih bersemangat untuk membaca artikel anda karna dengan banyaknya materi pokok akan lebih menambahkan wawasan pengunjung yang membaca konten anda.
begitu pun bagi pengunjung blog.
Karna dengan begitu pengunjung akan lebih bersemangat untuk membaca artikel anda karna dengan banyaknya materi pokok akan lebih menambahkan wawasan pengunjung yang membaca konten anda.
Begitulah ciri-ciri konten artikel blog yang berkualitas jadi jika anda belum menerapkan sama sekali salah satunya maka jangan anggap bahwa artikel atau konten anda sudah berkualitas. Terimakasih.
