Apa itu Strategi Pemasaran ?
Strategi pemasaran adalah sebuah aktifitas proses mengomunikasikan, menyampaikan, atau pun mempertukarkan sebuah tawaran tentunya yang bernilai bagi pelanggan, klien. serta masyarakat umum. Jadi bagaimana anda dapat mengenalkan dan mengaplikasikan sebuah produk yang akan anda jual kepada pihak konsumen. Itu lah Strategi Pemasaran, nah dibawah saya akan mencoba mengulas dengan detail.
Lebih jelasnya Definisi Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Karena secara langsung berhubungan dengan konsumen.
Contoh anda membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan lapar, jika ada makanan tersebut maka kebutuhan tersebut pun akan terpebuhi. Namun disisi lain anda pun pasti menginginkan yang lebih dari itu misalnya makanan padang yang tentunya memiliki rasa, khas yang lebih nikmat bukan ?
Pada proses dalam memenuhi kebutuhan manusia ini lah sebenarnya yang menjadi konsep pemasaran, yang dimulai dari promosi barang, penetapan harga, sampai dengan pengiriman barang. Oleh sebab itu arti dari seorang yang dibidang pemasaran itu diartikan sebagai pemasar. Anda sebagai pemasar harus tau konsep dan prinsip agar kegiatan pemasaran tersebut dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pihak konsumen.
Strategi Pemasaran
Bagi perusahaan strategi pemasaran sangat lah penting, karena ini merupakan sebuah cara untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Pada dasarnya potensi untuk menjual proposisi sangat terbatas pada jumlah orang yang mengetahuinya.
Strategi merupakan sebuah rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah prusahaan haru beroprasi agar bisa mencapai tujuanya, sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan strategi pemasaranya.
Yang menjadi permasalahanya karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecil lah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap kebutuhan masyarakat sendiri.
Tujuan Pemasaran
1. Dapat mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk yang dijual dapat cocok dengan para konsumen sehingga akan memiliki potensi produk tersebut terjual.
2. Sebuah perusahaan pun harus dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan
pemasaran yang meliputi berbagai kegiatan seperti menjelaskan produk, promosu produk, desain produk, pengiklanan produk, komunikasi yang enak dengan konsumen, sampai mengirimkan barang agar sampai ke tempat konsumen. Tentu hal seperti ini akan membikin para konsumen tidak ragu akan penawaran
yang prusahaan sajikan.
3. Para pembeli/konsumen dapat mengetahui secara detail produk yang dihasilkan dan perusahaan juga
harus menyediakan semua permintaan konsumen atas produk yang dihasilkan.
Strategi Pemasaran Dipengaruhi Oleh Faktor-Faktor Sebagai berikut
- Faktor Mikro : Perantara pemasaran, pemasok, bahkan pesaing dan masyarakat
- Faktor Makro : Ekonomi, Politik, Teknologi dan Sosial
Hal yang Perlu Diperhatikan Dari Sudut Pandang penjual
1. Produk yang bermutu tentunya,
2. Pemasaran yang Baik dan digencar,
3. Memiliki harga yang kompetitif,
4. Sampai tempat yang strategis.
Sudut Pandang Konsumen
1. Penting, Komunikasi,
2. Memperoleh kenyamanan,
3. Kebutuhan dan keinginan konsumen,
4. Biaya.
Banyak panduan-panduan yang membahas cara pemasaran yang baik di dunia internet, anda pun sebagai atau pemula dalam bisnis internet marketing harus dapat mempelajari bagaimana "Strategi Pemasaran" yang berpotensi baik.
Dengan mengoptimasikan pemasaran produk dengan efektif tentu akan lebih memiliki potensi yang baik dari penjualan produk tersebut. Kesimpulanya, pembuatan sebuah produk atau jasa yang di inginkan pihak konsumen harus menjadi fokus kegiatan oprasional atau sebuah perencanaan suatu perusahaan.
Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Strategi Pemasaran. semoga dapat bermanfaat Terimakasih.