Ilustrasi Google Image
Mempunyai blog yang di sukai visitor itu menurut saya hal yang paling penting, bahkan pasti di inginkan oleh semua kalangan bloging. Ya ialah dengan begitu blog tersebut akan lebih berpeluang memiliki popularitas dan cenderung lebih mudah untuk menghasilkan prospek yang lebih mejanjikan untuk bisnis kita.
Meskipun begitu, tidak sedikit dari kita yang tau apakah blog/website nya disukai banyak orang padahal faktor ini sangat penting. Bahkan kita pun bisa mrngukur seberapa kualitas dan seberapa penting sebuah blog bagi orang lain ya kan. Nah dibawah ini, ada beberapa 6 ciri blog yang disukai visitor, berikut diantaranya.
1. Returning Visitor
Salah satu ciri blog yang disukai visitor yaitu Returning Visitor, atau dalam istilah visitor yang tertarik untuk kembali melihat blog kita lagi. Analisa ini dapat dijadikan sebuah patokan seberapa pentingkah tulisan kita dimata orang lain.
Pada grafik diatas ditujukan bahwa Returning Visitor blog ini 16,5 % saja, dapat disimpulkan bahwa dari jumlah itu mungkin saja mereka menyukai dan tertarik untuk berkunjung kembali ke blog ini. Sangat sedikit kan hehehe.
Lalu bagaimana anda bisa melihat pristiwa Returning visitor yang digambarkan seperti gambar diatas ? Anda bisa menggunakan Google analytics untuk dapat menganalisa dan mengetahui apakah blog anda sudah disukai banyak visitor atau belum.
Pada grafik diatas ditujukan bahwa Returning Visitor blog ini 16,5 % saja, dapat disimpulkan bahwa dari jumlah itu mungkin saja mereka menyukai dan tertarik untuk berkunjung kembali ke blog ini. Sangat sedikit kan hehehe.
Lalu bagaimana anda bisa melihat pristiwa Returning visitor yang digambarkan seperti gambar diatas ? Anda bisa menggunakan Google analytics untuk dapat menganalisa dan mengetahui apakah blog anda sudah disukai banyak visitor atau belum.
2. Bounce Rate
Selain cara cara diatas untuk menganalisa blog yang disukai visitor atau tidak anda bisa menentukanya dengan cara mengetahui Bounce Rate suatu blog atau dalam istilah lain adalah presentasi pengunjung yang meninggalkan halaman website anda setelah hanya membuka satu halaman saja, namun tidak membuka halaman yang lainya.
Sebagai contoh gini...
Saya membuka website anda yang berisi artikel tentang "Cara Diet Sehat", nah pada postingan itu berisi Internat Link yang menuju ke postingan sebelumnya "Makanan Untuk Diet". Namun saya tidak membuka postingan tersebut dikarenakan tidak beberapa alsan.
Peristiwa tersebut dapat disimpulkan bahwa Bounce Rate pada website sangat jelek. Semangkin kecil bounce rate maka semangkin bagus, begitupun sebaliknya semangkin besar berarti tidak bagus.
3. Komentar
Komentar pada website juga bisa dijadikan sebuah patokan untuk penilaian apakah blog disukai visitor atau tidak, jika blog tersebut memiliki banyak komentar dari pengujung seperti bertanya atau sejenenisnya berarti pengunjung tersebut dapat dipastikan akan balik lagi. Bahkan bukan hanya itu, kepopularitasan suatu blog pun dapat dianalisa dari jumlah komentar.
Namun, saat ini banyak komentar yang tidak relevan entah itu semata-mata untuk mendapatkan backlink atau pun promosi, komentar jenis ini yang tidak bisa dijadikan sebuah analisa bahkan bisa berdampak negatif pada blog anda. Maka dari itu kita pemilik website harus lebih berhat-hari jangan sampai website kita dijadikan tempat SPAM ya walaupun hanya dari komentar saja.
4.Avg Session Duration
Avg session duration merupakan laman waktu yang dihabisnkan oleh visitor dalam sesi setiap kunjungan, jadi dapat disimpulkan bahwa semangkin lama waktu dari avg session duration maka artinya blog anda bernilai baik. Karena itu pertanda bahwa blog disukai banyak visitor dan mereka rela menghabiskan waktu hanya untuk membaca tulisan anda.
5. Subcriber
Yang ke-5 ciri blog yang disukai visitor adalah adanya jumlah subcriber yang banyak, apa itu subcriber ? Subcriber adalah followers yang ada di blog kita atau orang-orang yang mendaftarkan Email nya untuk mendapatkan update artikel, istilahnya seperti pelanggan blog kita.
Nah dapat disimpulkan jika anda memiliki banyak jumlah Subcriber itu berarti blog anda disukai visitor. Karena itu buatlah postingan yang bermanfaat dan orisinil agar para pengunjung pun merasa bahwa artikel yang anda posting bermanfaat untuk mereka.
Buat artikel berkualitas baca : 8 Cara membuat konten berkualitas di blog yang lebih SEO
6. Like dan Share
yang terakhir, yaitu like dan share pada postingan blog anda. Karena sudah dapat dipastikan jika anda mempunyai artikel yang banyak mendapatkan like atau share berarti mereka menyukai postingan anda. Secara tidak langsung ini juga dapat dijadikan sebuah analisa untuk mengetahui ciri blog yang disukai visitor.
Kesimpulan : Dari beberapa cara untuk menganalisa ciri dari blog yang disukai banyak visitor diatas dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor yang menonjol itu isi dari halaman blog atau artikel, maka dari itu banyak yang menyepakati bahwa konten adalah raja dari suatu website.

